Kamis, 26 Januari 2012

Pemecahan Saham

Kadang kala perseroan mengurangi nilai nominal atau nilai yang tertera dari saham biasa dan menerbitkan sejumlah tambahan secara proporsional. Saat hal ini dilakukan perseroan dikatakan memecah saham mereka, dan prosesnya disebut pemecah saham (stock split).
Saat saham dipecah, pengurangan nilai nominal atau nilai yang tertera memengaruhi seluruh saham, termasuk saham yang belum diterbitkan, diterbitkan, dan saham treasuri. Tujuan utama dari pemecahan saham adalah untuk menurunkan nilai pasar perlembar saham. Hal ini seharusnya lebih menarik investor untuk memasuki pasar saham dan memperluas jenis dan umlah pemegang saham.
Sebagai  contoh, diasumsikan PT. Rojali memiliki 10.000 lembar saham yang beredar dengan nilai nominal Rp.100.000 dan dengan nilai pasar saat ini sebesar Rp. 150.000 perlembar. Dewan direksi mengumumkan pemecahan saham 5 untuk 1, mengurangi nilai nominal menjadi Rp.20.000 dan meningkatkan jumlah saham 50.000 lembar. Jumlah saham yang biasa beredar adalah  Rp. 1.000.000.000 baik sebelum dan seelah pemecahan saham.  Hanya jumlah saham dan nilai nominal perlembar saham yang berubah.
Setiap pemegang saham PT. Rojali memiliki nilai jumlah nominal yang sama baik sebelum maupun setelah pemecahan saham. Sebagai contoh, seorang pemegang saham yang memiliki 4 lembar saham dengan nilai nominal Rp. 100.000 sebelum pemecahan (dengan nilai nominal Rp. 400.000) akan memiliki 20 lembar saham dengan nilai nominal Rp. 20.000 setelah pemecahan saham (total nilai nominal).
          Karena dapat lebih banyak lembar saham yang beredar setelah pemisahan saham, kita akan mengharapkan nilai pasar dari saham tersebut akan turun. Sebagai contoh, dalam contoh sebelumnya, akan ada 5 kali lipat jumlah saham setelah pemisahan. Dengan demikian, kita dapat mengharapkan nilai pasar saham akan turun dari Rp. 150.000 menjadi sekitar Rp. 30.000 (Rp. 150.000/5)
          Oleh karena pemecahan saham hanya merubah nilai nominal atau nilai yang tertera dan jumlah saham yang beredar, maka tidak ada pencatatan ayat jurnal. Meskipun akun-akun terkait tidak terpengaruh, rincian mengenai pemecahan saham biasanya diungkapkan dalam catatan laporan keuangan.
                     

10 komentar:

  1. apa yang dimaksud dengan pemecahan saham itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa nilai positif dan negatif pemecahan saham ?

      Hapus
    2. berapa maksimal saham yang dapat kita beli dari perusahaan?

      Hapus
  2. kenapa harus dilakukan pemecahan saham??
    apa keuntungan dan kerugiannya apabila suatu perseroan melakukan pemecahan saham??

    BalasHapus
  3. apa tujuan dilakukannya pemecahan saham ?

    BalasHapus
  4. kaLo pemecahaan saham diLakukan daLam bentuk dividen gimana ?

    BalasHapus
  5. pemecahan saham itu berguna sebagai kosmetik saham itu sendiri, sehingga saham yang harganya mahal dapat terlihat lebih menarik dengan adanya pemecahan saham itu sendiri yang notabene menyebabkan penurunan harga per lembar saham. Hal ini akan memberikan sinyal positif bagi para investor, khususnya investor kecil sehinnga saham tersebut dapat dijangkau oleh berbagai kalangan investor

    BalasHapus
  6. apakah saat pemecahan saham akan mempengaruhi saham yang dibeli kembali ?

    BalasHapus
  7. saya tertarik dengan literatur-literatur yang membahas mengenai saham. salah satunya artikel ini.
    makasih ya
    Salam from Download Aplikasi SIA BUMDes

    BalasHapus